perempuan dan perut rata

perempuan dan perut rata

Perempuan dan masalah berat badan dan perut rata ga akan pernah habis dibahas. Apalagi jaman now, yang mana model top cropped lagi nge-trend dimana mana, dari yang muda belia sampai ibu-ibu muda maupun tua (termasuk saya) ikutan memakai. Dan juga banyaknya foto2 perut rata di social media, celebrity terkenal sampai wanna be celebrity, perut rata seperti papan setrikaan menjadi idaman semua perempuan di muka dunia ini. Bener ga?

Masalahnya untuk punya perut rata, badan kurus, kaki jenjang, pinggang ramping dan sebagainya ga bisa dicapai dalam sehari atau seminggu. Banyak faktor dan banyak kerja keras dan pengorbanan dibalik badan yang sempurna. Sempurna disini menurut kebanyakan wanita adalah perut yang rata (supaya bisa berfoto dengan bikini di pantai) dan badan yang tidak mempunyai lemak.

Tiap orang atau perempuan itu beda beda kondisi dan tipe badannya, kalau menurut saya. Ada yang memang genetic/keturunan kurus dari sananya, mau makan sebanyak apa pun tanpa olahraga tetap langsing dan perut tetep rata. Tipe seperti ini rasamya menjadi idaman semua orang yah ๐Ÿ˜ Beruntung lah perempuan2 ini ๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡ bisa punya perut rata tanpa harus kerja keras diet dan olahraga 3 kali sehari!

Selain itu, umur juga ga bisa bohong dalam soal pengen punya perut rata ini. Semakin umur kita bertambah, otomatis metabolisme badan kita semakin lambat. Ini benar adanya. Dulu kala ketika saya masih berkepala 20an dan 30an (meskipun sudah berbuntut 2) saya bisa makan seperti takarannya kuli bangunan dan ga bikin perut saya gendut. Sekarang? Cuma makan nasi sesendok pun bikin timbangan langsung wow! ๐Ÿ˜ Kesel kadang jadinya dan rasanya frustrasi banget!

Saya termasuk manusia yang tidak bisa diet. Entah karena cara diet yang tidak benar atau gimana saya juga ga ngerti sih. Tapi setiap kali saya mencoba untuk diet, berakhir dengan jatuh sakit. Sebenarnya saya tau si, karena cara diet saya yang salah. Jadi cara diet saya, saya berusaha untuk makan hanya sekali sehari dan dalam jumlah kalori dan nutrisi yang samgat salah dan terkadang saya ga makan sama sekali. Karena apa? Karena saya ingin instant kurus instant punya perut rata, instant punya badan kurus seperti dulu kala pre-married dan children.

Yang saya dapat adalah instant diare dan instant terkapar dikasur. Dan ini berulang ulang terjadi dan saya tetap ga kapok. Apakah berat badan saya turun dan perut saya jadi rata? Berat badan turun sekilo-an karna diare tentu saja ๐Ÿ˜… Perut rata? Ga juga, yang ada malah bloated, kembung dan maag saya kambuh. Sungguh sengsara.

Setelah saya banyak membaca (dari sumber yang benar) dan ngobrol dengan nutritionist, akhirnya saya dapat lebih mengerti dan menerima kondisi badan saya. Saya tahu saya tidak gemuk tapi juga tidak kurus kurus banget. Menurut BMI (body mass index) saya termasuk normal. Saya termasuk orang yang suka makan. Saya suka banget nasi dan noodles, yang mana adalah karbohidrat. Makanya untuk puasa ga makan karbo itu susah bener untuk saya. Bisa si makan salad terus, tapi sungguh bosan kalau disuruh makan salad terus tiap hari. Saat ini saya tidak diet-diet-an lagi. Kapok. Apalagi saya kerja, kalo pake acara diet ga sanggup rasanya. Saya hanya berusaha untuk mengurangi porsi karbohidrat saja. Dan olahraga tentunya.

Untuk punya badan ideal seperti foto tubuh2 yang beredar di sosial media di kalangan celebrities ataupun influencers , tidak semudah seperti kita memakai filter di Instagram. Diperlukan banyak waktu, dedikasi dan disiplin yang tinggi. Exercise atau olah raga dalam bentuk apa pun paling sedikit 5x seminggu. Pengaturan makanan yang masuk juga harus disiplin, ga bisa deh thu makan nasi padang atau mie ayam bakso kapan aza mau. Harus dihitung jumlah kalori yang masuk dan keluar. Dan yang paling penting adalah motivasi dan disiplin. Disiplin ini yang susah loh. Harus bener disiplin untuk bangun pagi,misalnya, dan berlatih ke gym. Disiplin untuk ga skip olahraga. Disiplin untuk ga makan cake dipesta ulang tahun.

Kalau itu semua dijalankan dengan dedikasi dan semangat yang tinggi, alhamdulilah perut rata impian anda akan terwujud ๐Ÿคฉ Dan yang terutama dan penting, kalau semua regime exercise sudah dilakukan dengan benar dan body ideal sudah tercapai, jangan lupa kebahagian hati juga harus dijaga. Sebab ga ada manfaatnya meski perut serata dan semulus jalan tol tapi hati ga happy dan batin merana. Yang ada nantinya jadi โ€œbitchy and bitterโ€ person. Dan juga please jangan body shaming orang2 yang perutnya ga serata surfing board ya. Ga sopan dan ga cakep aza. Karena tiap orang punya masalahnya sendiri2 yang kita ga tau.

Intinya untuk punya body ideal menurut versi social media tidak bisa didapat secara instant. Perlu banyak pengorbanan waktu, tenaga dan mental. Tapi kalau itu bisa bikin kamu bahagia lahir batin, do it ๐Ÿ‘Œ๐Ÿผ Tolong di ingat juga, ga semua yang dilihat di sosial media itu benar adanya. Karena ada face tune body tune dan filter2 berbayar lainnya yang bisa bikin semua orang jadi tinggi, kurus, perut kotak kotak dan kinclong ๐Ÿคฉ

Salam dari perempuan yang tidak punya perut rata ๐Ÿ˜˜

8 responses to “perempuan dan perut rata”

  1. Mba Ria, padahal kalo aku liat di IG, badannya bagus dan perutnya keliatan rata. Kalo aku satu-satunya waktu perut aku rata adalah ketika pagi hari bangun tidur hehee.

    Liked by 1 person

    • Thank you Puji. Sebenarnya badan aku normal aza si, cuma ada masa2nya pengen lebih kurus kayak masih pre-children hahaaaa โ€ฆ. Hahaaa iya bener pas baru bangun tidur perut rata ya aku juga gitu ๐Ÿ˜

      Like

  2. Perutku rata haha and on good days, I have six packs, but it’s true, it’s hard to maintain and you need to be disciplined with food and exercise. It’s not easy (Iยจ’ve had people asking me how do I get to stay in shape, and when I told them my food and exercise regime, they backed down) but I want it for myself, so it’s about my own commitment. Other people might have different thoughts, some just plain don’t care, it’s fine too.

    Liked by 1 person

    • I can tell that youโ€™re a very disciplined person Va. Which is good on you. I wish I had that in me. Some days am pretty good some days am just like blah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… At least you do it for yourself not for the so called social media image, you know what I meant? I may not have as flat tummy as I would like, but at least Iโ€™m healthy and happy ๐Ÿ‘Œ๐Ÿผ๐Ÿ‘Œ๐Ÿผ

      Liked by 1 person

  3. Mbak Ria…kalo kulihat di ig perutnya terlihat rata kok.
    Kalau aku tergolong kurus deh, buat naikin berat badan dan maintain supaya ga over itu emang ga mudah sih. Perlu olahraga dan makan yang bener, kalo engga jadi buncit perutnya ><

    Liked by 1 person

    • Ma kasi Ra, perut aku most of the time mayan lah. Tapi ada katanya bloated biasanya kalo saat2 mau pms orโ€ฆ.kalo makan noodles kebanyakkan.
      Iya butuh disiplin memang kalo mau maintain biar perut rata dan berat badan ga naik turun kayak yoyo yah ๐Ÿ˜

      Liked by 1 person

  4. Perutku selalu buncit, gak pernah flat, mau yoga, mau pilates, berenang, masih ada bulet2nya. Tapi emang aku gak terobsesi punya perut flat. Yang penting sehat.

    Media sosial itu seringkali jadi lahan untuk bikin orang insecure, apalagi kalau lihat foto-foto (yang seringkali) diedit. Duh…

    Liked by 1 person

    • Bener, sosmed itu pengaruhnya besar banget untuk self-esteem perempuan ya. Banyak yg masih ga percaya kalo foto2 sempurna paripurna itu ada unsur editannya ada filternya.

      Aku si pengen punya perut rata tapi aku juga suka makan jadinya susah mo rata2 banget ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: